wrote
history
wrote my story
komentar dong kalo ga mau diare

cbox terima kasih untuk tidak menjadi silent reader
Henny Rachmawati



Twitter: @HennyRach
stay happy and young
MY FRIENDS and OTHER BLOG

MyOLDblog KoyorBlog Alannusa-MyMonki Opojal.com Alam Budaya Sherina Munaf arsitektur indis Web semarang-nederlandsche Komunitas Historia Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link Link
Kamis, 10 Oktober 2013 @ 00.46
Pohon Aktualisasi Diri


"Everything that irritates us about others can lead us to an understanding of ourselves." -Dr. Jung-


Hallo.. lama tidak menulis, karena banyak hal yang menyita kesibukan pikiran dan tenaga saya (hahaha). Intermezo dulu lah ya,  belum lama ini saya mencoba berwirausaha (yang kata abah saya ke orang-orang buat latihan, biar bisa survive nanti jikalau sewaktu-waktu saya didepak dari rumah) membuka usaha di bidang percetakan, fotokopi dan aksesoris komputer dengan merk dagang SILVACOM. Untuk usaha yang itungannya buka sesuka hati dan setengah hari (mengingat fakta saya masih butuh waktu membaca, belajar, dan menulis), omzet yang saya dapatkan tiap bulan sekitar 2,5-3 million jadi nettnya dipotong bayar listrik, belanja kertas, toner dan belanja aksesoris. Baru sisanya itu yang bisa saya pakai berfoya-foya (berfoya-foya = beli cincau favorit saya yang harganya segelas 30rebu di Chatime). Setelah merasakan sendiri rasanya "bekerja" , dalam artian bekerja mencari uang. Saya semakin tersadar bahwa mencari uang itu memang benar-benar susah. Semakin banyak uang kita, semakin banyak pula keinginan kita dan itu justru yang menjadikan semakin banyak juga kebutuhan kita. Saya jadi belajar bagaimana mengelola uang, bagaimana cara uang segini harus cukup untuk ini itu dsb, bagaimana menahan keinginan ini itu dsb. Sebenarnya sudah dari 2 tahun lalu uang jajan dan lain-lain sudah saya  stop, jadi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekunder dll seperti membeli buku, uang gaul (apa ini uang gaul? singkatnya uang untuk kegiatan yang sifatnya rekreasi misal bepergian dengan teman/ pacar ke mall, nongkrong, piknik etc) ,beli gadget, ganti behel, beli pakaian, make up dan banyak lagi, semua pengeluaran kebutuhan itu saya dapatkan dari uang tabungan, kiriman dari eyang (meskipun itu  50-100k/bulan), dan part time di tempat abang saya. Mungkin hal yang mendasari saya untuk tidak meminta uang jajan lagi karena usia orang tua saya yang sudah tidak produktif lagi dan di saat itu when 20 years in my age (:P pake bahasa ala viky zaskia gotik) rasanya malu masih minta uang saku (masih dapet angpao lebaran aja sebenernya malu tapi demen hahaha).  Dulu ketika pikiran saya cetek (sekarang masih cetek juga tapi ngga cetek2 amat hal itu ditandai dengan bertambahnya minus saya yg tadinya -3 sekarang jadi -5), dulu saya beranggapan  yang dinamakan berproses dalam hidup itu hanya sekedar hanya sampai di skripsi dan lulus dan kerja dan syukur-syukur nikah muda, tapi sayangnya hidup ngga semudah dan selurus itu men! Nah dari sinilah saya mulai berfikir (oh oke bukan berfikir.. cuz im not the thinker patungnya si Auguste Rodin atau tukang mikir ala Socrates, mungkin kata yang lebih tepat adalah mbatin)  yang memunculkan pertanyaan-pertanyaan seperti ini setelah selesai saya mau apa? saya  jadi apa nanti? setelah ini saya ngapain? kawin atau sekolah lagi atau kerja? bagaimana orang tua nanti kalau saya tinggal? sudah siapkah orang tua saya tinggal merantau? dan banyak pertanyaan lainnya. Tapi dari semua pertanyaan itu ada satu pertanyaan, "Sudahkah saya mencapai aktualisasi diri? "

Jaman smp saya pernah membaca sebuah novel yang sedikit membahas teori Carl Jung mengenai aktualisasi diri, jika saya mengutip pohon aktualisasi diri Dr. Jung, untuk memperoleh buah-buah kehidupan kau harus membangun fondasi akar-akar yang kuat: 
  • penerimaan diri
  • kepuasan diri
  • kesehatan 
  • kebahagiaan 
  • kedamaian
  • tujuan hidup
  • motivasi diri
  • kreativitas
  • pemenuhan diri
  • kebahagiaan
Teori Jung menyatakan bahwa dengan mengembangkan karakter-karakter di bawah ini kamu bisa memperoleh hadiah yang tertulis di atas:
  • kesabaran
  • murah hati
  • persahabatan
  • cinta
  • kehangatan
  • kebaikan
  • kepercayaan
  • antusiasme
  • memaafkan
  • rasa terima kasih

Sudahkah saya memenuhi karakter-karakter di atas?  As a child I felt myself to be alone, and I am still, because I know things and must hint at things which others apparently know nothing of, and for the most part do not want to know.Sebenarnya Jung sendiri sudah memberi jawaban dari semua pertanyaan-pertanyaan yang saya tanyakan di paragraf pertama di atas melalui quotesnya dalam beberapa buku, You are what you do, not what you say you'll do. I am not what happened to me, I am what I choose to become. Until you make the unconscious conscious, it will direct your life and you will call it fateAda satu quotes yang sepertinya cocok buat saya mengingat fakta banyak hal tidak masuk akal/ tidak umum yang sering saya pilih,  People will do anything, no matter how absurd, to avoid facing their own souls.



Sumber:

Cabot, Meg. Princess in Lessons

Jung, C.G. Modern Man in Search of a Soul

 ________.Memories, Dreams, Reflections




back to top?
monthly archive

Juni 2010 Juli 2010 Desember 2010 Februari 2011 Juni 2011 Juli 2011 Desember 2011 Oktober 2012 November 2012 Desember 2012 Maret 2013 Oktober 2013 November 2014 Desember 2014 Januari 2015 April 2015
my post

Sentiling: Kajian ini kapan ya berakhir? Saya haru... Mas Aboekassan Atmodirono Keponakan Baru Fuji X100 Kamera Impian Kegilaan Mahasiswa Tingkat Akhir Princess Diaries Buku Primbon Saya :) LDR confession Lalu.. Apa ceritamu? Dear calon suamiku(nanti).. himawari

Henny's bookshelf: read

Semarang Juwita : Semarang Tempo Doeloe, Semarang Masa Kini dalam Rekaman Kamera
Size 12 Is Not Fat
All-American Girl
Queen of Babble
Avalon High
Airhead
Queen of Babble Gets Hitched
Being Nikki
Forever Princess
Teen Idol
Boy Meets Girl
Runaway
Ready or Not
Nicola and the Viscount
Victoria and the Rogue
Princess Lessons: A Princess Diaries Book
Holiday Princess: A Princess Diaries Book
Perfect Princess: A Princess Diaries Book
The Princess Diaries Collection
Jalan Raya Pos, Jalan Daendels


Henny Rachmawati's favorite books ยป